Pages

Test Footer

Test Footer 2

Blogroll

Blogger templates

Test Footer 1

Pengaruh Televisi Terhadap Kemampuan Anak

 

NOORMUSLIMA.COM- Anak adalah aset yang paling berharga bagi setiap orang tua, tak sedikit dari para orang tua melakukan berbagai cara agar kualitas dan kemampuan anak mereka bisa optimal.
Dan tentunya ini tergantung juga pada pola asuh orang tua, terhadap anak-anaknya. Ketika jaman telah dikuasai teknologi, maka sebagai orang tua kita harus bijaksana. Lebih mengedepankan sisi pendidikan dari pada teknologi modern.
Boleh saja kita memberikan hiburan bagi buah hati kita berupa hiburan dari elektronik, TV misalnya. Tapi harus dibatasi paling maksimal 2 jam sehari. Bila terlalu lama akan mempengaruhi perkembangan otak buah hati kita.
Anak balita yang terlalu lama menonton televisi dapat tertinggal dalam kemampuan berbicara dan berhitung.
Penelitian terbaru juga menyimpulkan bahwa bagi bayi berusia dua tahun, setiap satu jam kelebihan menonton dari batas waktu dua jam menonton dapat mengakibatkan dampak negatif pada kemampuan akademiknya serta dia lebih berisiko di-bully.
Hal tersebut disebabkan mereka tidak cukup mampu mengikuti proses membesarkan diri karena masalah konsentrasi dan fisik yang tidak sehat bugar.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Montreal merupakan studi pertama yang menemukan hubungan antara terlalu banyak menonton televisi dan risiko bayi yang miskin keterampilan motorik serta bermasalah dalam psikososial.
Profesor Linda Pagani yang memimpin penelitian itu mengingatkan orang tua agar membatasi balita menonton televisi tidak lebih dari dua jam TV sehari.
“Temuan ini menunjukkan perlunya kesadaran orangtua dalam membatasi waktu menonton televisi bagi balita berusia dua tahun yaitu tidak lebih dari dua jam sehari, sesuai rekomendasi Asosiasi Pediatrik Amerika Serikat,” kata Pagani.
Penelitian tersebut dilakukan terhadap 991 anak perempuan dan 1.006 anak laki-laki di Quebec, semuanya berusia 29 bulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menonton TV selama lebih dari tiga jam tertinggal dalam kemampuan berbicara dan berhitung.[It/Onh/Ass] (459) http://www.noormuslima.com/pengaruh-televisi-terhadap-kemampuan-anak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.