Jadwal
belajar anak ini bisa dilakukan di rumah, atau diterapkan di sekolah. kurikulum
atau materinya bisa ambil di draft kurikulum pada postingan sebelumnya.
Nb:
Jika jadwal ini diterapkan di rumah maka bisa lebih fleksibel waktunya. bisa
siang atau sore menyesuaikan jadwal bundanya. tetapi tetap perhatikan
keefektifan jam belajar.
1
08.00-08.15 Sharing dan membuat aturan belajar
- Siswa menceritakan perasaan hari ini, apa yang membuatnya merasa demikian. dimulai dengan guru, kemudian ditawarkan pada murid yg akan duluan cerita
- Siswa menceritakan cerita masing-masing secara bergantian dan siswa lain wajib mendengarkan untuk melatih disiplin antre dan menghormati orla yg sedang bicara
- Membuat aturan dan sanksi untuk selama pembelajaran hari ini (siswa sendiri yang membuat aturan dan sanksinya, guru hanya mengarahkan) serta menunjuk polisi dan tentara kelas
Nb:
kegiatan ini untuk melepaskan siswa dari uneg2 yg terpendam sebelum belajar,
agar tidak ada ganjalan selama proses pembelajaran, agar guru lebih memahami
siswa. peraturan yang dibuat sendiri oleh siswa akan lebih mengena dan efektif
dari pada peraturan yg didoktrin oleh guru
2
08.15-08.30 Doa dan dzikir pagi
•
Mengingatkan pentingnya berdoa dan merasa diawasi Alloh
• Membaca surat alfatihah dan artinya
• Membaca doa mau belajar, doa untuk kedua orang tua, dan doa keselamatan dunia-akhirat
• Membaca dzikir pagi
• Membaca surat annas, al falaq, al ikhlas
• Membaca surat alfatihah dan artinya
• Membaca doa mau belajar, doa untuk kedua orang tua, dan doa keselamatan dunia-akhirat
• Membaca dzikir pagi
• Membaca surat annas, al falaq, al ikhlas
3
08.30-09.00 Materi utama (Materi Fiqh Ibadah)
•
Praktek wudhu dan sholat
Siswa membentuk sosio drama sederhana berisi sebuah keluarga yang bangun pagi hendak melaksanakan sholat shubuh. Mereka berwudhu bergantian kemudian sholat berjamaah
Siswa membentuk sosio drama sederhana berisi sebuah keluarga yang bangun pagi hendak melaksanakan sholat shubuh. Mereka berwudhu bergantian kemudian sholat berjamaah
4
09.00-09.30 Istirahat dan baca Iqra-AISM
•
Siswa membentuk kereta, doa keluar rumah, membuat aturan main di luar
• Siswa bermain di luar dalam pantauan guru
• Siswa bergantian membaca Iqra-AISM (metode membaca ini bisa bervariasi sesuai tingkat usia)
• Siswa bermain di luar dalam pantauan guru
• Siswa bergantian membaca Iqra-AISM (metode membaca ini bisa bervariasi sesuai tingkat usia)
5
09.30-10.00 Toilet training, cuci tangan, halafan juz
amma, dan makan kue
•
Siswa bergantian pipis, cuci kaki dan cuci tangan
• Siswa murojaah hafalan juz amma
• Siswa makan kue
• Siswa murojaah hafalan juz amma
• Siswa makan kue
6
10.00-11.00 Sentra persiapan (setiap hari ganti jadwal
kelas sentra. Ada sentra balok, s.seni, s.main peran, s.bahan alam)
•
Siswa membuat aturan dan sanksi dalam kelas sentra
• Ustadzah menjelaskan pijakan sebelum main terkait dengan tema yang sedang dibahas
• Densitas (macam) main dalam sentra persiapan adalah:
– Menebalkan dan mewarnai huruf da atau ga
– Mewarnai dan mencocok bangun segi tiga dan segi empat
– Menjumput dan menakar manik-manik pada wadah yang tersedia
• Pijakan setelah main dan beres-beres
• Ustadzah menjelaskan pijakan sebelum main terkait dengan tema yang sedang dibahas
• Densitas (macam) main dalam sentra persiapan adalah:
– Menebalkan dan mewarnai huruf da atau ga
– Mewarnai dan mencocok bangun segi tiga dan segi empat
– Menjumput dan menakar manik-manik pada wadah yang tersedia
• Pijakan setelah main dan beres-beres
Nb:
siswa memilih sendiri densitas mana yang akan mereka mainkan. guru hanya
menyediakan medianya, meletakkan pada sudut2 ruangan dan memberi contoh
bagaimana memainkan densitas tersebut sesuai standart yg baik. apabila ternyata
anak mengerjakan tidak sesuai contoh maka guru tidak menyalahkan siswa karena
itu menjadi hak kreatifitas siswa. Guru cukup menanyakan apa yang sedang dibuat
siswa?, tidak ingin membuat yang seperti guru contohkan? Apa alasannya?(ini
untuk memantau barangkali siswa tidak membuat karena belum faham contoh yg tadi
disampaikan guru, maka guru wajib menjelaskannya kembali. tetapi jika alasan
anak memang karena kemauannya bikin yang beda maka justru kita dukung kreasinya
itu. Tapi ingat, guru juga harus mengarahkan siswa agar mencapai indikator yang
kita targetkan)
7
11.00-selesai Recalling
•
Siswa mereview kembali seluruh kegiatan pada hari ini
• Siswa mengomentari prestasi dan kesalahan pada hari ini dan upaya memperbaiki
• Doa penutup majelis
• Siswa mengomentari prestasi dan kesalahan pada hari ini dan upaya memperbaiki
• Doa penutup majelis
[ http://ummiummi.com/mari-membuat-jadwal-belajar-anak]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar