Pages

Test Footer

Test Footer 2

Blogroll

Blogger templates

Test Footer 1

Cara Mendidik Mempengaruhi Pola Pikir Anak


NOORMUSLIMA.COM-  Pepatah mengatakan, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitu juga dengan sikap dan kebiasaan seorang anak.
Seorang anak saat  kecil tidak bisa menyaring apapun yang mereka lihat, mereka dengar dan mereka rasakan. Pola hidup yang kedua orang tuanya terapkan, menjadi salah satu pembentuk karakter, atau pola berfikir. Jika orang tuanya mendidik anak dengan cara yang baik, maka anak pun akan terbiasa berfikir baik pula. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengasuh anak, agar anak kita juga mempunyai pola berfikir yang baik dan positif.
1.          Posisikan diri sebagai orangtua juga teman. Ini sangat penting, selain anak merasa nyaman juga mempererat rasa kekeluargaan. Anak akan merasakan pentingnya sebuah kebersamaan.
2.          Tidak sungkan menegur dan menjelaskan saat anak salah. Ketika anak berbuat salah, orang tua lebih sering memukul dari pada menjelaskan mengapa mereka berbuat demikian. Bertanyalah pada anak kita, mengapa mereka sampai melakukan hal demikian. Jelaskan kepada mereka hal tersebut salah, dan meminta mereka untuk tidak mengulangi lagi.
3.          Mengajak anak bersosialisasi dengan masyarakat. Hal ini penting dilakukan agar anak kita tidak mempunyai rasa minder, dan menumbuhkan rasa kekeluargaan terhadap orang di sekitar lingkungan tempat tinggal.
4.          Tanamkan sikap santun pada siapapun. Dimulai dari yang ringan, seperti mengucapkan, salam, terima kasih, maaf dan permisi.
5.          Tanamkan rasa jujur dan menepati janji pada anak. Dimulai dari ketika orang tua menjanjikan sesuatu pada anak, maka harus dilaksanakan. Sekali diingkari, akan menjadi bibit ketidak percayaan anak pada orangtuanya.
6.          Membekali anak dengan ilmu agama. Sering-sering mengajak mereka dalam kegiatan keagamaan. Perlu diketahui, bahwa lingkungan tempat tinggal merupakan tempat kedua pembentuk karakter anak, setelah rumah sendiri. [putri] 
        http://www.noormuslima.com/cara-mendidik-mempengaruhi-pola-pikir-anak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.