Pages

Test Footer

Test Footer 2

Blogroll

Blogger templates

Test Footer 1

Rumah Adalah Tempat Pendidikan Pertama


Dalam islam, rumah mengambil peranan penting dalam pembinaan umat, dari rumah, dasar pendidikan islam terkecil bermula.

Rumah yg dalam Al-Qur'an ada tiga kata yang mendeskripsikannya yaitu manzil, maskan, dan bait. Pengertian maskan dlm QS. An Naml ayat 18 adalah yg paling saya sukai, karena maskan berasal dari kata sakana yang berarti tenang, tentram, dan bahagia.
Oleh karena itu, rumah dalam pandangan al-Qur’an bukan hanya berfungsi sebagai tempat bermalam, tempat beristirhat atau tempat berlindung. Tetapi lebih jauh, rumah berfungsi sebagai tempat mencari ketenangan batin dan kebahagian . Di dalam rumah (maskan) inilah manusia membangun keluarga sakinah, yaitu tatanan keluarga yang membawa kebahagian dan ketenangan hati.
Jika rumah hanya dijadikan bait, maka tidak jarang rumah dirasakan seperti di neraka. Itulah yang digambarkan Allah dalam surat al-Ankabut [29]: 41
...وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ
Artinya: “…Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah (rapuh) adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.”
الحمدلله
Allah memberikan karunia dan nikmat kepada kami berupa tempat tinggal yg nyaman, moga rumah ini dapat menjadi manzil (tempat) kami membangun keluarga yg sakinah sehingga tercipta generasi-generasi islam terbaik dimasa yg akan datang, moga rumah ini selalu diberkahi Allah, selaras dengan sebuah doa dalam firmanNya :
(29) وَ قُلْ رَبِّ أَنْزِلْني مُنْزَلاً مُبارَكاً وَ أَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلينَ
“Dan berdoalah, Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan engkau adalah sebaik-baiknya yang memberi tempat.” (Q.S. Al-Mu’minun 23:29)
Fb;Rusdiyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.