Pages

Test Footer

Test Footer 2

Blogroll

Blogger templates

Test Footer 1

RAHASIA KEJENIUSAN IMAM BUKHARI


Tak perlu memperkenalkan lagi tokoh fenomenal ini. Bahkan tak berlebihan jika kita katakan bahwa Allah tampakkan kebesaranNya dengan kejeniusan Al Imam Al Bukhari rahimahullah. Dikisahkan bahwa sekelompok ahli hadits menguji Al-Imam dengan cara mengacak 100 matan dan sanad hadits. Kemudian beliau ditanya, "Apakah engkau tahu hadits ini?" Maka beliau rahimahullah menjawab, "Saya tidak tahu hadits ini!" Maksudnya beliau tidak mengetahui matan hadits tersebut dengan sanad yang disebutkan penguji. Demikian seterusnya beliau ditanya selalu menjawab tidak tahu. Akhirnya beliau tahu bahwa sanad dan matan hadits tersebut sengaja diacak. Kemudian beliau menyusun kembali sanad dan matan tersebut dengan benar tanpa ada satupun kesalahan!
Dikisahkan pula bahwa apabila beliau mendengar satu perkataan yang tidak beliau pahami, maka beliau bisa mengulangi perkataan tersebut tanpa ada kekeliruan.
Hal-hal di atas adalah beberapa contoh kejeniusan Al-Imam Bukhari dan kuatnya hafalan beliau. Rahmatullah 'alaihi rohmatan wasi'atan.
Salah satu rahasianya adalah sangat berhati-hatinya orang tua Al-Imam dalam menafkahi anaknya. Inilah pentingnya mempelajari fikih Jual Beli sehingga kaum muslimin dapat menjauhkan diri dari harta haram. Sebagaimana harta halal akan berdampak baik kepada karakter anak maka harta harampun akan berdampak buruk kepada karakter anak. Nas'alullah as Salamah wa Al 'afiyah. Robbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a'yun waj'alna lil muttaqina Imama
Fully inspired by Dr. Erwandi's lecture this very morning.
...great teachers inspire...
Yayasan Al Hanif Cilegon, Banten. Pendidikan, Dakwah & Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.