Pages

Test Footer

Test Footer 2

Blogroll

Blogger templates

Test Footer 1

Cukupkah Dengan Pendidikan berkarakter..!!


Saya kira hampir semua pendidik mengenal istilah ini, istilah yang berkembang dalam dunia pendidikan zaman ini, istilah yang mashur dikenal dilembaga-lembaga pendidikan. Namun apakah cukup dengan pendidikan karakter saja?? Mari kita lihat!
Agama islam adalah agama tauhid, maka tidak ada islam kalau tidak ada tauhid. Oleh karena itu jelas yang paling utama dari karakter adalah tauhid. Karena sesungguhnya karakter itu sendiri  adalah bagian dari tauhid.
Dijelaskan dalam kitab Al Mua’alim Al-Awwal Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Bahwa diantara keistimewaan Nabi sebagai guru –dengan bimbingan wahyu- adalah proses pengajaran beliau selalu dibarengi dengan Tazkiyatu An-Nafs. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran. Allah berfirman yang artinya:
Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, MENSUCIKAN MEREKA dan mengajarkan mereka kitab dan Hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,”
Arti Tazkiyatu An-Nafs adalah membersihkan jiwa dari aqidah yang rusak dan akhlak yang buruk ( tafsir musayyar)
Oleh karena itu ternyata dalam islam, konsep pendidikan karakter belum cukup ! karena konsep pendidikan islam adalah PENDIDIKAN BERBASIS TAUHID SERTA BERKARAKTER, Bukan hanya berkarakter saja.
Syaikh sa’di rahimahullah  juga mengatakan, “ bahwa tujuan jangka panjang pendidikan adalah bagaimana seseorang itu bisa beribadah hanya kepada Allah semata”. Bukan hanya nilai atau angka dan mengejar juara kelas.
Maka setiap pembelajaran atau mata pelajaran yang tidak melahirkan dua prinsip ini berarti pembelajaran itu sia-sia dan tidak ada manfaatnya. Wallahu ‘alam. oleh: Ahmad Taufik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.